Kualitas grafis tingkat tinggi mungkin menjadi salah satu alasan beberapa developer memilih Unreal Engine dalam pengembangan gamenya. Namun terdapat suatu masalah yang sering kali dikeluhkan oleh para gamer yaitu optimalisasi. Selama beberapa waktu belakangan tidak sedikit game Unreal Engine 5 yang berakhir dengan review jelek hanya karena optimalisasi. Menanggapi hal tersebut, Founder sekaligus CEO Epic, Tim Sweeney memberikan klarifikasinya.
Terkait peforma buruk yang sering ditemui pada game – game berbasis Unreal Engine 5, Tim Sweeney menyatakan bahwa itu merupakan kesalahan dari developer. Informasi ini dia sampaikan dalam sebuah wawancara media pada ajang Unreal Fest di Seoul, Korea Selatan menurut laporan This Is Game.

Hal ini terjadi karena developer sering kali lebih mengutamakan gamenya berjalan di perangkat kelas atas terlebih dahulu sebelum dioptimalisasi untuk perangkat kelas bawah. Tentu ia menyadari optimasi bukanlah sesuatu yang mudah. Namun ada baiknya hal tersebut dilakukan sejak awal pengembangan bahkan sebelum pembangunan konten besar dimulai.
Dari Epic Games sebagai pemilik engine sendiri juga tidak tinggal diam. Mereka sudah menyiapkan beberapa solusi untuk memudahkan developer dalam optimasi game. Dimulai dari menambahkan fitur optimasi otomatis di dalam Unreal Engine. Kemudian Epic Games juga berencana untuk memberikan edukasi lebih dalam mengenai betapa pentingnya optimasi game sejak awal.
Bagaimana menurut kalian? Kunjungi selalu WORGAME.ID untuk mendapatkan berita menarik seputar indurstri yang akan memperkaya pengetahuan gamingmu.